Fadhillah atau Keutamaan Surat Al Mulk [67]


fadhillah+keutamaan+surat+almulk

Kali ini saya akan menjelaskan tentang Fadhillah atau Keutamaan Surat Al Mulk yang merupakan surat ke 67 dalam Al-Qur'an dan termasuk pada Surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Surat Al Mulk terdiri dari 30 ayat yang menerangkan tentang kekuasaan Allah dalam penciptaan dunia. Kandungan surat Al Mulk sangat dalam maknanya terhadap penciptaan dunia dan isinya.

Berikut Khasiat mengamalkan Surat Al Mulk dalam kesehariannya :

1. Menjauhkan Diri dari Perbuatan Maksiat
Seperti pada Firman Allah yang terdapat pada surat Al Mulk di ayat 12 yang isinya :
إِنَّ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَيْبِ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ
Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya Yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar.
Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa segala perlakuan kita di dunia tidak luput dari penglihatan Allah maka dari itu kita bisa terhindar dari perbuatan maksiat karena Allah Maha Mengetahui.

2. Menjadikan Kita Orang yang Bertakwal
Seperti pada Firman Allah yang terdapat pada surat Al Mulk di ayat 15 yang isinya :
هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ ۖ وَإِلَيْهِ النُّشُورُ
Artinya : Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.
Dalam surat Al Mulk ayat 15 tersebut Allah juga menunjukkan perintah berjalan di muka bumi untuk mencari rizki dengan berdagang, bertani, dll. Ini menunjukkan bahwa tawakkal bukan berarti hanya berserah diri pada Allah melainkan juga bekerja dan berusaha selagi kita hidup di dunia.


3. Diampuni Dosanya
Dari Abu Huroiroh, Rasulullah SAW bersabda:
عن أبي هريرة، عن النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال: سورة من القرأن، ثلاثون اية؛ تَشْفَعُ لصاحبها حتى يُغْفَرَ له: تبارك الذي بيده الملك
Artinya : Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk.
 (رواه أبو داود واللفظ له, والترمذي وغيرهما، وصححه ابن حبان والحاكم والذهبي، وحسنه الترمذي والألباني)
(HR. Abu Dawud dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya. Hadits tersebut shohih dan telah di-shohih-kan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi, sedangkan at-Tirmidzy dan Albani menghasankannya)

4. Dihindarkan dari Siksa Kubur dan Siksa Neraka
Keutamaan kedua yang dapat diperoleh dari membaca surat Al Mulk adalah dijauhkan dari siksa kubur dan siksa neraka yang pedih. Dari Abdulloh bin Mas’ud mengatakan:

“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajall menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh al-Hakim dan ia mengatakan: sanadnya shohih, dan dihasankan oleh Albani)

Dengan melihat keterangan hadits tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan memperbanyak membaca Surat Al mulk dapat menghindarkan seseorang dari siksa kubur dan siksa api neraka. Aamiin Ya Robal'alamin..

Terimakasih telah membaca Fadhillah atau Keutamaan Surat Al Mulk [67]. Jangan lupa Like and Share nya yaaah...

0 Response to "Fadhillah atau Keutamaan Surat Al Mulk [67]"