Wajah Suami Istri Bisa Terlihat Mirip, Ternyata Ini Alasannya

Pernah tidak kita secara tidak sadar melihat teman kita yang sudah menikah wajahnya terlihat mirip dengan pasangannya? Atau mungkin ternyata kita sendiri yang terlihat mirip dengan pasangan kita. Bahkan ada yang berasumsi bahwa yang memiliki wajah mirip merupakan jodohnya. 

Tapi tentu saja saya tidak percaya dengan hal tersebut karena tidak semua yang berjodoh tapi berwajah mirip. Ternyata ada alasan kenapa wajah suami istri bisa terlihat mirip, berikut ulasannya.
Wajah Suami Istri

Ada 4 Alasan Wajah Suami Istri Bisa Terlihat Mirip

1. Selalu Bersama
Seperti yang telah dikutip dari newheathadvisor.com, dari berbagai penelitian psikologis, jika semakin sering anda dan pasangan menghabiskan waktu bersama-sama, maka akan semakin mirip wajah dan tingkah laku mereka satu sama lain. Hal ini disebabkan kebiasaan mereka saling berbaur dan mempengaruhi satu sama lain.

Pada tahun 2006 silam, dalam sebuah studi Ilmuwan di Universitas Liverpool meminta sukarelawan untuk memandangi potret laki-laki dan perempuan lalu menilai kepribadian orang yang ada di foto tersebut. Para peserta tidak mengetahui sosok mana saja pasangan hidup yang ada di foto-foto tersebut, tapi pasangan yang terlama telah hidup dan tinggal bersama paling banyak dinilai punya kepribadian yang serupa. Hal ini dinilai terdapat hubungan dengan kemiripan wajah.

Lalu bagaimana pasangan yang telah lama menikah tapi tidak memiliki kemiripan, mungkin saja mereka kurang memiliki waktu bersama dalam kesehariannya.

2. Perubahan Karakter Wajah Karena Emosi
Robert Zajonc seorang Psikolog sosial, pernah membuat gagasan soal konsep social facilitation pada tahun 1965. Konsep itulah seabgai jawaban kenapa banyak suami istri yang wajahnya bisa mirip satu sama lain.
Otot-otot pada tubuh bisa berkembang atau berubah menyesuaikan dengan kegunaannya. Contohnya, pasangan yang sering tertawa bersama akan memiliki tekstur kerutan yang sama di wajahnya. Jika sudah sama-sama suka mengobrol, maka struktur pipinya pun akan ikut menyesuaikan.


3. Meniru Kebiasaan dan Kesukaan Satu Sama Lain
Hal ini telah dibuktikan dengan foto pasangan suami istri yang sudah menjalani pernikahan selama 25 tahun dan mereka terlihat sangat mirip satu sama lain. Para psikologi dari Yale University juga mengutarakan jika pasangan suami istri akan saling meniru kebiasaan pasangannya tanpa sengaja dan menyukai apa yang pasangannya sukai.

4. Sudah Dari Awal Tertarik Pada Pasangan Yang Mirip
Banyak diantara kita yang tidak sadar, pada saat kita mencari pasangan sebenarnya ia sedang mencari seseorang yang memiliki banyak persamaan dengan dirinya sendiri, termasuk juga dalam selera berbusana dan juga penampilan. Ada juga pria yang mencari pasangan yang mirip dengan ibunya, setidaknya sedikit banyak juga mirip dengan dirinya sendiri.

Nah, menarik bukan isi artikelnya dijamin deh ga akan nyesel meskipun sudah membaca panjang lebar. Kamu juga bisa share ke teman atau saudara kamu yang memiliki wajah mirip dengan pasangannya.

sumber : ummi-online.com

0 Response to "Wajah Suami Istri Bisa Terlihat Mirip, Ternyata Ini Alasannya"