Amalan Supaya Melahirkan Anak Secara Normal

Memiliki anak yang sehat, cerdas dan normal menjadi idaman bagi semua orang tua yang baru mengikatkan diri dalam suatu ikatan pernikahan / perkawinan suami istri. Kali ini saya akan memberitahukan Amalan supaya melahirkan anak secara normal saat persalinannya.


cara+agar+lahir+normal

Maka dari itu sebaiknya bagi seorang calon ibu untuk pertama kalinya memiliki buah hati, harus memperhatikan hal-hal berikut ini supaya ibu dapat melahirkan bayi secara normal tanpa operasi.

1. Rajin berdoa kepada Allah SWT

Hal ini adalah ikhtiar pertama yang harus dilakukan. Jika Anda Muslim, berdoalah dengan doa-doa yang ada dalam Al Quran (contoh doa ada dalam surat Al Imran ayat 38 dan Al furqon ayat 72, red) atau bisa juga dengan bahasa sendiri. Mintalah kepada-Nya agar diberikan Anak yang bukan hanya sehat secara jasmaniyah namun sehat juga rukhiyahnya.

2. Jika Anda calon ibu yang memiliki kebiasaan buruk merokok

Sebaiknya berhenti segera sebelum Anda memutuskan untuk hamil. Jangan menghisap sebatang pun rokok dalam kondisi hamil. Merokok selama kehamilan dapat mengakibatkan kelahiran prematur, bibir sumbing, bahkan kematian bayi.

Karena zat beracun dalam rokok, bisa merusak tubuh manusia. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif pun akan mengalami hal yang hampir serupa. Bagi Anda baik calon ibu atau calon ayah sangat dianjurkan agar menjauhkan diri dari rokok.

Terutama untuk para calon ayah, saat Anda merokok menjauhlah dari istri Anda yang sedang mengandung buah hati Anda karena jika asap rokok terisap oleh ibu atau bayi dalam kandungannya akan meningkatkan resiko bayi lahir cacat.

3. Jangan mengonsumsi obat sembarangan

Apalagi obat yang dijual di berbagai warung. Jika ibu sakit, segera periksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat yang tidak membahayakan kehamilan. Makan obat sembarangan akan meningkatkan resiko kecacatan pada bayi dalam kandungan.

4. Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat merusak kesehatan ibu dan bayi. Ketika ibu mengonsumsi Alkohol, seteguk saja maka alkohol tersebut akan mengalir dalam darah kemudian diteruskan ke bayi melalui tali pusat. Kisah nyata, seorang ibu hamil meminum alkohol saat hamil. Anak yang terlahir darinya divonis memiliki kelainan saraf dan tidak bisa bicara.

5. Para ibu hamil lindungilah diri Anda dari infeksi

Beberapa infeksi selama kehamilan dapat membahayakan janin dan akan membuat bayi lahir dalam keadaan cacat. Cegahlah infeksi dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur, masaklah daging sampai benar-benar matang, jangan mengonsumsi buah yang tidak dicuci. Cucilah buah dan sayuran yang akan dikonsumsi dengan bersih.

6. Sabaiknya ibu banyak konsumsi asam folat

Asam folat mencegah terjadinya kerusakan pada otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat dapat menurunkan resiko kelahiran cacat seperti bibir sumbing dan cacat jantung. Bahkan asam folat juga dapat mengurangi resiko pre-eklampsia. Sumber asam folat dapat dengan mudah ditemukan di dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan sereal.

Bahkan, sekarang sangat mudah didapat asam folat yang dikemas dalam bentuk tablet di apotek dan toko-toko obat. Jika Anda merencanakan kehamilan, usahakan untuk memasukan 400 mcg asam folat setiap hari.

7. Lakukan vaksinasi

Ada jenis vaksinasi yang direkomendasikan bagi calon ibu sebelum hamil. Namun ada juga vaksinasi yang direkomendasikan di masa kehamilan. Dengan vaksinasi, dapat melindungi ibu dari infeksi penyebab kelahiran cacat. Dengan vaksinasi, bayi yang lahir akan sehat.

Lakukan vaksinasi sesuai waktu yang ditentukan, karena dalam beberapa kasus kelahiran bayi cacat tidak jarang diakibatkan keteledoran calon ibu dalam melakukan vaksinasi.

8. Lakukan Konsultasi dengan dokter sesering mungkin minimal dua Minggu sekali

Penting bagi seorang wanita yang sedang mengandung untuk merencanakan pemeriksaan secara rutin sesuai jadwal ke dokter kandungan. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi dari bayi yang terdapat di dalam kandungan Anda. Sehingga apabila didapat masalah dalam kandungan bisa langsung ditanggulangi sedini mungkin.

9. Ciptakan lingkungan keluarga yang nyaman dan tenang

Hubungan harmonis keluarga bisa membuat kondisi psikis dan psikologis calon ibu dan bayi dalam kandungan dalam kondisi sehat. Tumbuh kembang bayi dalam kandungan benar-benar dipengaruhi kondisi psikis dan psikologis ibu hamil. Maka mulailah melakukan pola hidup sehat dan seimbang disertai berolahraga yang sesuai, agar bayi Anda terlahir sempurna dalam kondisi yang sehat dan tidak cacat.

Sedangkan, untuk doa-doa tertentu Anda bisa mengambilnya dari beberapa surat yang ada di dalam Al Quran. Beberapa surat di dalam Al Quran tersebut memiliki keutamaan untuk ibu hamil adalah sebagai berikut,

Pertama, Al Mu’minuun (Surat ke-23, ayat 12-14)
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ سُلَالَةٍ مِنْ طِينٍ
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.
ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ
Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).
ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ ۚ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ
Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.

Kedua, Lukman (Surat ke-31, ayat 14)
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
Ketiga, Yusuf (Surat ke 12, ayat 1-16)
Keempat, Maryam (Surat ke-19, ayat 1-15)
Kelima, Ar Rahmaan (Surat ke-55, ayat 1-78).

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai amalan supaya melahirkan anak secara normal, karena menjadi dambaan bagi sebagian besar calon ibu di dunia.

0 Response to "Amalan Supaya Melahirkan Anak Secara Normal"