Rahasia Tersembunyi Pada Surat Ar Rahman [55]



Surat Ar Rahman yang merupakan surat ke 55 dalam Al-Qur'an dan termasuk pada Surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Surat Ar Rahman terdiri dari 78 ayat yang menerangkan tentang kemurahan Allah Swt. serta nikmat-nikmat yang telah diberikan kepada jin dan manusia. Selain itu ternyata ada Rahasia Tersembunyi pada Surat Ar Rahman [55] dan yang akan kita bahas di sini.

1. Pengulangan Ayat.
Umat muslim yang taat pasti sudah tidak asing lagi dengan surat Ar Rahman ini, karena surat ini memiliki ciri khas yang beda dari surat lainnya di dalam Al-Qur'an. Yaps betul,, di dalam surat ini terdapat 1 ayat yang diulang-ulang dan arti dalam tersebut adalah “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”. Dan setiap kali Allah telah memparkan kenikmatan terhadap hamba-hamba-Nya pada ayat di dalam surat Ar Rahman pasti Allah bertanya dengan ayat tersebut.

Jumlah pengulangan ayat tersebut cukup banyak yaitu sampai 31 kali. Kalimat ini bisa ditemukan pada ayat ke-13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77. Jika surat ini kita kaji lagi lebih mendalam, maka akan ditemukan keindahan rahasia yang ingin Allah sampaikan kepada kita hamba-Nya terkait rasa syukur yang seharusnya dimiliki setiap insan Manusia yang berilmu.

2. Jika Dikaitkan Angka 31 dengan Surat ke-31 Dalam Al-Qur'an.
Jika kita lihat di dalam Al-Qur'an surat ke-31 adalah Surat Luqman, dan anda akan semakin yakin ini bukanlah suatu kebetulan jika melihat pada ayat ke-31 pada Surat Luqman.
أَلَمْ تَرَ أَنَّ الْفُلْكَ تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِنِعْمَتِ اللَّهِ لِيُرِيَكُمْ مِنْ آيَاتِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ
Artinya : Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebahagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur.

Dua surat ini tentu saja memiliki keterkaitan jika di kaitkan dengan makna kesyukuran. Sebab  Allah Swt. ingin menujukan kepada kita bahwa kapal yang berlayar dilautan merupakan tanda kebesaran Allah berupa nikmat.  Allah Swt. ingin menegaskan bahwa manusia yang tidak memiliki perangkat untuk bisa berjalan di air ternyata mampu melakukannya dengan perantara alat yaitu sebuah kapal yang mengapung di atas air. Jika dikaitkan ke Surat Ar Rahman : “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

Maka dari itu segala sesuatu yang telah kita capai dan kita raih janganlah takabur terhadap Allah. Karena tanpa ijin Allah nikmat yang kita dapat sekarang belum tentu kita rasakan sekarang. Seperti Firman Allah pada Surat An-Nahl ayat 18 :
وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ
Artinya : Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Semoga kita senantiasa menjadi hamba Allah yang selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita semua.

Terimakasih sudah membaca Rahasia Tersembunyi Pada Surat Ar Rahman [55]. Jangan lupa like and share yah..

Baca Juga : Fadhillah atau Keutamaan Surat Al Mulk
Baca Juga : Fadhilah atau Keutamaan Surat Al Waqi'ah 

0 Response to "Rahasia Tersembunyi Pada Surat Ar Rahman [55]"