Tips Supaya Pernikahan Membawa Berkah

tips+supaya+pernikahan+membawa+berkah


Tips kali ini pasti banyak dicari bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan atau yang baru menikah, bahkan yang sudah lama menikah pun pasti membutuhkan Tips Supaya Pernikahan Membawa Berkah. Berikut tips yang akan saya share kepada teman-teman semua :

1. Meluruskan Niat
Bagi siapapun yang akan menikah haruslah mereka meluruskan niatnya. Niat menikah awalnya tentu karena Allah Swt. sebab menikah itu adalah sebagian dari Ibadah.  Seperti yang tercantum pada Firman Allah pada Surat An-Nur ayat 32 :
وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
Artinya :  Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.(QS. An-Nur : 32)
Selain perintah Allah, menikah pun merupakan sunah Rasulullah maka dari itu dalam proses pernikahannya pun harus sesuai sunah Rasulullah serta adab dan akhlaq yang telah diajarkan.

2. Saling Keterbukaan dan Menjaga Komunikasi
Sikap saling terbuka sendiri ini berarti segala sesuatu yang tadinya haram jadi halal, seperti saling bersentuhan merupakan hal yang wajar setelah menikah. Maka dari itu segala sesuatu baik dan buruknya kita ataupun pasangan harus saling terbuka jangan ada kerahasiaan demi keharmonisan berumah tangga. Berkomunikasi secara intens pun wajib dilakukan oleh suami istri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan dijauhkan dari fitnah.



3. Sikap Bertoleran
Maksudnya adalah segala aspek yang ada pada rumah tangga setelah menikah, jika kita ataupun pasangan kita berbuat salah haris saling memaafkan. Seperti dalam ajaran Islam yaitu Al Afwu(memaafkan orang jika memang diminta), As Shofhu(memaafkan orang lain walaupun tidak diminta) dan Al Maghfiroh(memintakan ampun kepada Allah untuk orang lain).

4. Sabar dan Bersyukur
Sabar dan Bersyukur dalam berumah tangga memang sangat dianjurkan. Karena setiap ujian dalam berumah tangga harus disikapi dengan rasa sabar seperti pada pasangan suami/istri terdapat kekurangan/kelemahan sehingga perlu disikapinya dengan sabar. Kemudian disikapi rasa syukur atas rezeki yang Allah berikan kepada suami dan tidak banyak menuntut khusus untuk istri karena kebanyakan penghuni neraka adalah kaum wanita, disebabkan istri yang kurang bersyukur terhadap pemberian suaminya. Dan apabila kita bersyukur maka Allah akan melebihkan nikmatNya lagi untuk kita. Bisa dilihat dalam firman Allah surat Ibrahim ayat 7:
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Artinya : Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih” (QS. Ibrahim : 7).

5. Selalu Mengingat Allah
Sudah pasti jika rumah tangga kita ingin berjalan harmonis dan penuh keberkahan, tentu kita harus selalu menjaga hubungan kita dengan Allah dengan selalu mengingatnya (berdzikir) karena denganbegitu akan memiliki keteguhan hati yang kuat terhadap Allah. Seperti Firman Allah pada Surat Ar-Ra'du ayat 28 :
الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
Artinya : (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.(QS. Ar-Ra'du : 28)

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga menjadi pembelajaran bagi yang baru mengetahui dan menjadi pengingat bagi yang sudah mengetahui. Terimakasih yah sudah mampir pada tulisan ini dengan judul Tips Supaya Penikahan Membawa Berkah.

Jangan lupa like and share yah..

0 Response to "Tips Supaya Pernikahan Membawa Berkah"