Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Puasa adalah menahan diri dari rasa lapar, haus serta emosi mulai dari Adzan Subuh hingga Adzan Magrib. Dalam kurun waktu kurang lebih 14 jam, tentu ada beberapa kendala yang dapat membatalkan puasa kita, lalu apa sajakah hal-hal yang dapat membatalkan puasa kita?
Hal+yang+Dapat+Membatalkan+Puasa
Sedari dulu, saat kita diajarkan berpuasa oleh orangtua kita, pasti ada beberapa hal yang orangtua kita katakan jika melakukan hal tersebut puasa akan batal. Contohnya, "jangan nangis nak, nanti puasanya batal". Nah mari kita bahas satu persatu hal-hal yang dapat membatalkan puasa kita.

Menangis dapat membatalkan puasa?
Sebetulnya hanya dengan menangis saja puasa kita tidak akan batal kecuali air mata yang turun ikut tertelan masuk kedalam mulut, tentu puasa kita akan batal. Dan hal tersebutlah yang akan membatalkan

Muntah dapat membatalkan puasa?
Tentu saja dapat membatalakan puasa jika muntahnya disengaja, tapi jika muntahnya tiba-tiba dan tidak disengaja tidak akan membatalkan puasa asalkan setelah itu kuat menjalankan puasa hingga magrib.

Menelan dahak atau ludah puasa bisa batal?
Pada dasarnya hal tersebut tidak akan membatalkan puasa anda, namun jika sudah sampai di bibir mulut, sebaiknya dikeluarkan atau dibuang baik sedang berpuasa atau sedang tidak berpuasa.

Mencicipi masakan dapat membatalkan puasa?
Bagi ibu-ibu atau siapapun yang menyiapkan masakan untuk berbuka puasa, jangan takut puasanya batal ketika anda mencicipi makanan yang anda masak, asalkan mencicipinya hanya di ujung lidah saja lalu langsung dikeluarkan atau diludahkan jangan sampai tertelan sedikitpun.

Berarti anda sudah mengetahui hal yang dahulu kita kira akan membatalkan puasa ternyata tidak jika dengan cara yang benar. Terus apa saja hal yang dapat membatalkan puasa, dan berikut saya akan berikan beberapa dalilnya.

1. Makan dan minun dengan sengaja
“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam” [Al-Baqarah : 187] 
Sudah jelas dalam ayat tersebut kita diwajibkan berpuasa dari subuh hingga magrib, jangan makan dan minum dengan sengaja diantara waktu tersebut.

2. Muntah dengan sengaja
Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
“Barangsiapa yang terpaksa muntah, maka tidak wajib baginya untuk mengqadha’ puasanya, dan barangsiapa muntah dengan sengaja, maka wajib baginya mengqadha’ puasanya”
3. Haid san NifasWanita yang haid saat berpuasa wajib membatalkan puasanya dan meng-qadha puasa tersebut. Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
"Bukankah jika haid dia (wanita) tidak shalat dan puasa ? Kami katakan : “Ya”, Beliau berkata : ‘Itulah (bukti) kurang agamanya” [Hadits Riwayat Muslim 79, dan 80 dari Ibnu Umar dan Abu Hurairah]
4. Suntikan yang mengandung zat makanan
Yaitu pada menyalurkan zat makanan ke perut dengan maksud untuk memberi makan bagi orang yang sedang sakit. Suntikan seperti ini dapat membatalkan puasa, karena memasukkan makanan kepada orang yang puasa. Ada juga jenis suntikan tersebut tidak sampai kepada perut tetapi hanya ke darah, maka itu juga dapat membatalkan puasa, karena cairan tersebut sebagai pengganti makanan dan minuman seperti contohnya adalah infus.

5. Jima' (berhubungan badan)
Jima' pada saat berpuasa hukumnya sama dengan makan dan minum saat berpuasa, dapat membatalkan puasa. Namun Allah memperbolehkan berjima' saat malam hari disaat sedang tidak berpuasa. Allah Swt. berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 187 yang artinya :
“Maka sekarang (malam) campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untuk kalian” [Al-Baqarah : 187]
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai hal-hal yang dapat membatalkan puasa anda. Jadi sekarang anda sudah mengetahui hal apa saja yang tidak membatalkan puasa dan yang dapat membatalkan puasa. Sebarkan informasi ini ke teman saudara keluarga dan anak anda supaya mereka memahami hal yang dapat membatalkan puasa mereka.

0 Response to "Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Puasa"