Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1440 H 2019 M Jakarta dan Sekitarnya

Assalamu'alaikum, selamat datang bulan penuh berkah, Marhaban Ya Ramadhan 1440 H (2019). Sebelum kita bahas jadwal imsak atau imsakiyah pada puasa Ramadhan 1440 H atau tahun 2019 M ini, berikut saya terangkan sedikit pengertian imsak dan imsakiyah.

Arti imsak yaitu diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Jadi, dari arti kata menahan itu, berarti waktu imsak ialah waktu kita untuk memulainya menahan segala hal yang membatalkan puasa.

Imsak (Imsakiyah) sebetulnya memiliki arti menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa dari waktu Subuh hingga waktu Maghrib. Bisa kita katakan sebelum waktu adzan Subuh dikumandangkan, umat muslim masih diperbolehkan untuk makan dan minum. Tapi tidak boleh lewat dari waktu Subuh.

Berikut waktu atau jadwal imsak serta jadwal waktu sholat selama bulan Ramadhan 1439 H dari blognya BersamaDakwah.net :
jadwal+imsak+2019
Bagi yang muslim dan muslimah wajib yah untuk menjalankan ibadah puasa, karena ada dalam surah Al-Baqarah ayat 183 :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya :Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,  
Oh ya, untuk yang suka melakukan sahur pada jam 2 atau jam 3 dinihari, sebaiknya biasakan sahur mendekati adzan subuh berkumandang dan berbuka puasa sesegera mungkin setelah adzan maghrib berkumandang. Karena ada hadist shahinya, berikut hadistnya yang artinya :
Diriwayatkan oleh Ahmad dalam musnadnya, bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Ummatku senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur,” (H.R. Imam Ahmad dari Abu Zarr r.a.).
Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda yang mencari jadwal imsakiyah puasa ramadhan 1440 H 2019 M Jakarta dan sekitarnya. Share sebanyak-banyaknya yah.. Karena hanya dengan membagikan berita baik ini, sudah pasti akan dicatat pahala oleh Allah Swt, Insya Allah.. aamiin ya robbal'alamin.

Terimakasih sudah mampir disini, bisa baca artikel menarik lainnya mengenai anak, keluarga dan Islam tentunya dapat menambah wawasan bagi anda.

0 Response to "Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1440 H 2019 M Jakarta dan Sekitarnya"