Adakalanya Anak Bertanya Tentang Allah, dan Ini Jawaban yang Tepat

Anak merupakan titipan dari Allah yang harus senantiasa kita jaga, kita rawat dan kita didik supaya menjadi anak yang berbakti kepada orangtua dan Sang Pencipta. Ketika anak mulai tumbuh besar biasanya ada hal yang mengganjal dalam pikirannya mengenai Allah. Sudah pasti adakalanya anak bertanya tentang Allah.
pertanyaan anak tentang Allah
sumber gambar : google

Biasanya ada beberapa pertanyaan yang umum dari anak kepada orangtuanya sendiri mengenai Allah. Dan kali ini saya akan memberikan ulasannya mengenai pertanyaan seorang anak tentang Allah beserta jawabannya yang tepat untuk diberikan kepada anak kita supaya lebih memahami dan mengerti Allah sebagai Sang Pencipta.

1. Ayah / Ibu, Allah itu apa sih?
Seorang anak pasti bertanya hal tersebut, jika memang orangtua sudah mengenalkan agama Islam sejak dini kepada anak. Jawablah pertanyaan tersebut seperti ini : 
"Nak, Allah itu yang menciptakan segalanya, bumi, langit, danau, sungai, laut, rumput, domba, kambing semuanya Allah yang ciptakan termasuk nenek, kakek, ayah dan ibu juga." (ucapkan dengan menatap mata anak sambil memberikan senyuman)

2. Ayah / Ibu, kenapa kita harus menyembah Allah?
Jangan sekali-kali menjawab seperti ini "kalau tidak menyembah Allah nanti kita masuk neraka dan tidak masuk surga" jawaban demikian dapat menimbulkan paradigma pamrih dalam beribadah kepada Allah. Seharusnya kita menjawab seperti ini "Nak, kita menyembah Allah sebagai wujud syukur karena Allah telah memberi kita segala nikmat di dunia ini, termasuk adek bisa bebas bernafas, ada banyak ikan di sungai buat di pancing untuk dimakan ataupun di pelihara, semua bisa untuk memenuhi kebutuhan dan kesenangan bagi kita semua.

3. Ayah / Ibu, kenapa kita tidak bisa melihat Allah?
Bisa kita jawab dengan balik bertanya pada anak. (sambil melatih anak berpikir retoris) "adek bisa lihat matahari secara langsung tidak? tidak kan, karena bisa sakit matanya. Apalagi Allah yang maha agung?" atau bisa jawab seperti ini dengan stimulasi sederhana "coba adek lihat telapak tangan adek, terlihat kan garis tangannya? nah sekarang coba dekatkan telapak tangannya ke mata, masih terlihat jelaskah?pasti tidak kan, sama halnya dengan Allah yang tidak bisa kita lihat bentuknya karena Allah maha besar dan maha dekat dengan hambanya"

4. Ayah / Ibu, bentuk Allah itu seperti apa sih?
Jawab seperti ini dengan menatap mata anak sambil tersenyum, "Adek tahu kan bentuk gunung, sungai, danau, kucing, jerapah, semuanya.. nah bentuk Allah itu tidak ada yang sama dengan yang pernah adek lihat, sebut saja bentuk apapun dan bentuk Allah tidak ada yang sama dengan yang adek sebutkan"

Nah sekarang tahu kan jawaban yang tepat saat anak kita mulai bertanya tentang Allah, karena memang adakalanya anak bertanya tentang Allah hanya saja kita tidak tahu kapan pertanyaan-pertanyaan tersebut akan ditanyakan kepada kita, dan minimal sekarang kita tahu jawaban yang tepat supaya Anak bisa mengenal lebih dalam Sang Pencipta, Allah Swt.

Semoga keluarga kecil yang kita miliki, dapat menjadi keluarga yang selalu bertawaqal kepada Allah.

0 Response to "Adakalanya Anak Bertanya Tentang Allah, dan Ini Jawaban yang Tepat"