Berapa Jam sih Anak kita Harus Tidur Dalam Sehari?

waktu+bayi+dan+anak+istirahat


Kali ini saya akan membahas masalah "Berapa jam sih anak kita harus tidur dalam sehari?". Tentu terdengar sedikit kurang begitu penting, tapi nyatanya hal tersebut sudah dilakukan peneletian oleh yang ahli. Ternyata beda usia beda juga kebutuhan anak untuk tidur dalam seharinya.

Berikut kita langsung aja pembahasannya dengan membagi umur anak yang baru lahir, balita sampai usia beranjak remaja.

1. Anak Usia 0-2 Bulan
Pada usia 0-2 bulan biasanya bayi memiliki kebutuhan tidur paling lama yaitu 16-18 jam per hari dihabiskan untuk tidur. Untuk bayi yang tinggal di iklim tropis alangkah baiknya tidurkan bayi dalam keadaan terlentang dan disarankan untuk tidak memakai bantal dan selimut. Namun jika keadaan cuaca memang dingin, berikan selimut. 
Catatan : Tidur siang belum teratur.

2. Anak Usia 3-5 Bulan
Pada usia 3-5 bulan biasanya bayi memiliki kebutuhan tidur yaitu 14-16 jam per hari dihabiskan untuk tidur. Pada usia ini bayi boleh ditidurkan di tempat tidur khusus bayi atau keranjang bayi biasanya disebut crib jika ada.
Catatan : Tidur siang bisa 2-3 kali.

3. Anak Usia 6-12 Bulan
Pada usia 6-12 bulan biasanya bayi memiliki kebutuhan tidur yaitu 13-15 jam per hari dihabiskan untuk tidur. Pada usia ini bunda harus bisa membiasakan secara perlahan kebiasaan menyusui saat bayi bangun tengah malam. 
Catatan : Tidur siang biasanya hanya 2 kali.


4. Anak Usia 1-2 Tahun
Pada usia 1-2 tahun biasanya anak memiliki kebutuhan tidur sekitar 12-14 jam per hari dihabiskan untuk tidur. Pada usia ini bunda harus membiasakan si kecil tidur lebih awal saat malam hari, supaya si kecil bisa tidur siang hanya sekali.
Catatan : Tidur siang hanya 1-2 kali.

5. Anak Usia 2- 3 Tahun
Pada usia 2-3 tahun biasanya anak memiliki kebutuhan tidur sekitar 11-13 jam per hari dihabiskan untuk tidur. Pada usia ini si kecil bisa dipindahkan ke ranjang atau tempat tidurnya yang lebih besar. Untuk bunda mulai biasakan si kecil untuk tidur di kamar sendiri atau mulai dipisahkan tidur dengan orangtua.
Catatan : Tidur siang hanya sekali.

6. Anak Usia 3-5 Tahun
Pada usia 3-5 tahun biasanya anak memiliki kebutuhan tidur sekitar 11-13 jam per hari dihabiskan untuk tidur. Jika si kecil tidak tidur siang, biarkan si kecil untuk tidur lebih cepat pada malam hari.
Catatan : Tidur siang 0-1 kali.

7. Anak Usia 6-12 Tahun
Pada usia 6-12 tahun biasanya anak memiliki kebutuhan tidur sekitar 10-11 jam per hari dihabiskan untuk tidur. Biasakan pada anak bunda untuk melakukan hal positif sampai bisa tertidur, seperti membaca buku sambil menunggu kantuk dan jangan dibiasakan memegang hp/gadget sebelum tidur.

Demikian penjelasannya tentang Berapa jam sih anak kita harus tidur dalam sehari? Semoga dapat membantu bunda yang sudah rela mampir dan membaca artikel ini. Terimakasih..

Jangan lupa like and share yah teman-teman..

0 Response to "Berapa Jam sih Anak kita Harus Tidur Dalam Sehari?"