Tips dan Cara Membina Keluarga Sakinah Mawaddah Warrahmah

tips+cara+membina+keluarga+sakinah


"Dia-lah yang telah menurunkan sakinah (ketenangan) ke dalam hati orang-orang yang beriman agar keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada)." (QS. Al Fath : 4)
Bahagia.. siapa sih yang tidak ingin hidup bahagia. Berikut kami akan mengulas sedikit Tips dan Cara Membina Keluarga Sakinah Mawaddah Warrahmah. Seperti dalam Firman Allah Swt. yang saya kutip diatas Qur'an Surat Al Fath ayat 4, bahwa keimanan seseorang tidak akan lengkap jika tidak memiliki (Sakinah) ketenangan pada setiap hati orang yang beriman. Maka dari itu dalam syari'at Islam, pernikahan atau perkawinan dan hidup berkeluarga merupakan tujuan untuk mewujudkan kehidupan yang meliputi ketenangan dan kebahagian atau yang biasa disebut "sakinah".




"Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah ia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih (mawaddah) dan sayang (rahmah). Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kamu yang berfikir." (QS Ar Rum : 30: 21).
Dalam surah Ar-Rum ayat 21 jelas disebutkan bahwa Allah telah memberi kita pasangan yang nantinya berkeluarga dan bertujuan untuk menciptakan ketentraman dan rasa kasih sayang. Adapun tujuan kita berumah tangga atau menikah adalah sebagai berikut :
  1. Untuk membentengi akhlaq yang mulia
  2. Untuk memenuhi tuntutan naluri manusia yang asasi
  3. Untuk meningkatkan ibadah kepada Allah Swt.
  4. Untuk menegakkan rumah tangga yang Islami
  5. dan Untuk memperoleh keturunan yang Sholih dan Sholihah
Tips dan Cara Menuju Keluarga yang Harmonis.

Memilih Kriteria Suami atau Istri Yang Tepat
Ini dilakukan sebelum pernikahan dimulai. Untuk menciptakan keluarga yang sakinah, maka dalam menentukan kriteria suami ataupun istri haruslah tepat. Dan diantara kriteria tersebut misalnya beragama Islam dan sholih maupun sholihah, berasal dari keturunan dan keluarga yang kita percayai yang baik-baik.

Memiliki akhlak mulia, sopan santun, ramah dan bertutur kata yang baik. Ini juga yang harus dilakukan dalam rangka untuk  menciptakan keluarga sakinah mawaddah warahmah pertama kalinya.

Perbanyak Bersyukur Telah Dikaruniai Jodoh
Bersyukur atau mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan merupakan kewajiban kita sebagai umat muslim, termasuk bersyukur telah dipertemukan dengan jodoh diwaktu yang tepat. Bersyukur juga terhadap apa yang ada pada diri pasangan kita yaitu menerima segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki pasangan kita. Meski terkadang harus melewati jalan yang panjang, tapi lambat laun jika kita bersyukur pasti akan terasa mudah dilewatinya.

Rumah Tangga Dibangun Berpedoman Pada Al-Qur'an Dan As-Sunnah
Hal dan pokok utama dalam membangun sebuah keluarga yang sah menurut agama maupun sah menurut aturan negara adalah selalu berpedoman pada Al-Qur'an dan As-Sunah. Karena jika kita berpedoman pada keduanya, sudah dijamin dalam Al-Qur'an akan kebahagiaan di dunia maupun akhirat.

Membentuk Rumah Tangga Untuk Menciptakan Kasih Sayang (Mawaddah Warahmah)
Ini adalah merupakan cara membina keluarga bahagia dan sakinah selanjutnya. Tanpa adanya 'al-mawaddah' serta 'ar-Rahmah', maka sebuah keluarga ataupun masyarakat tidak akan dapat hidup dengan tenang dan aman terutamanya dalam lingkup kecil sebuah keluarga.

Dua hal ini merupakan pilar penting yang diperlukan karena sifat kasih sayang yang terwujud dalam sebuah rumah tangga dapat menciptakan sebuah masyarakat yang bahagia, saling menghormati, saling mempercayai dan saling tolong-menolong dalam kebaikan.

Tanpa kasih sayang, sebuah perkawinan akan hancur, kebahagiaan hanya akan menjadi impian saja. Dan ini adalah termasuk ciri kriteria keluarga bahagia sakinah mawaddah warrahmah.

0 Response to "Tips dan Cara Membina Keluarga Sakinah Mawaddah Warrahmah"