Cara Mengajarkan Anak Berpuasa Dengan Mudah

Islam merupakan agama rahmatan lil'alamin, yaitu rahmat bagi seluruh alam semesta. Sebagai umat muslim yang selalu mencari rahmat dari Allah, tentu kita mengetahui ada 1 bulan dalam Islam yang didalamnya itu penuh dengan berkah rahmat dan pengampunan, ya betul bulan tersebut adalah bulan Ramadhan. Kali ini saya akan membagikan cara mengajarkan anak berpuasa dengan berbagai sumber yang saya peroleh.
cara+mengajarkan+anak+berpuasa

Untuk info sedikit, ajrkan anak anda sedini mungkin yaitu sekitar usia 5 tahun supaya saat anak kita sudah bersekolah, dia telah terbiasa berpuasa. 

Cara mengajarkan anak berpuasa termasuk sulit tapi akan sangat mudah jika kita menggunakan cara-cara berikut ini yang akan saya bagikan :

Cara pertama, Ajak anak anda sahur bersama dengan membangunkan dia tidur secara perlahan dan jangan terlalu dipaksa. Suapi anak anda makan, dan berikan makan serta minum yang cukup jangan terlalu banyak juga. Jika ini adalah awal anda mengajari anak anda berpuasa, berikan waktu berpuasa hingga tengah hari atau berbuka pada waktu adzan dzuhur. Lalu setelah itu dilanjutkan kembali puasanya hingga adzan maghrib tiba untuk berbuka puasa bersama.

Cara kedua, jika anak anda telah beberapa kali belajar berpuasa dan dirasa tidak ada masalah berpuasa hingga tengah hari. Ajak anak anda untuk mencoba berpuasa hingga maghrib. Supaya anak anda tertarik, berikan sebuah hadiah kecil jika anak anda berhasil puasa hingga adzan maghrib.

Cara mengajarkan anak berpuasa selanjutnya yang paling ampuh adalah dari orangtuanya sendiri. Karena anak kita itu sangat pintar sekali meniru segala sesuatu yang kita lakukan. Jika orangtuanya saja tidak puasa dengan baik, besar kemungkinan anak kita akan mengikuti hal tersebut. Maka tanamkan dasar-dasar berpuasa seperti apa itu puasa, bagaimana caranya dan alas an mengapa kita harus berpuasa.

Mengajarkan anak berpuasa tidak mesti saat bulan ramadhan, bias juga di hari-hari biasa. Misalkan saat anda puasa senin-kamis, anda juga bisa mengajak anak anda berpuasa. Jika rutin dilakukan, sudah pasti bulan ramadhan bukan  jadi kendala untuk berpuasa bagi anak anda. Bagi ibu yang sedang tidak berpuasa, sebisa mungkin untuk tidak menunjukkan pada anak anda bahwa anda sedang tidak berpuasa.

Selain itu, kita juga bisa memberikan informasi yang menarik bahwa berpuasa itu banyak manfaatnya terutama bagi kesehatan kita jika dilakukan secara baik dan benar. Intinya, ajarkan anak anda nilai-nilai Islam yang patut untuk anak anda ketahui. Karena tanpa dasar ilmu Islam, mungkin akan sangat sulit anak memahami kenapa berpuasa pada bulan ramadhan itu diwajibkan.

Semoga tips dan cara mengajarkan anak berpuasa kali ini sangat membantu bagi anda yang akan mengajarkan anak anda berpuasa di bulan ramadhan. Anak merupakan titipan paling istimewa dari Allah, maka harus dijaga dan diajarkan dengan baik dan benar supaya dapat bermanfaat bagi bangsa, Negara dan terutama agama Islam.

0 Response to "Cara Mengajarkan Anak Berpuasa Dengan Mudah"